Analisis Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Produk Glady 2 Glow

Authors

  • Hawa Afriani. A Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Muhajirin Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author
  • Ovriyadin Ovriyadin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima Author

Keywords:

Consumer Trust, Lifestyle, Purchasing Decision

Abstract

This study examines the effect of consumer trust and lifestyle on purchasing decisions for Glady 2 Glow products. Using a quantitative approach with surveys and questionnaires, data were collected from 65 consumers and analyzed via multiple linear regression. The results show that both consumer trust and lifestyle significantly and positively influence purchasing decisions, highlighting their combined role in shaping consumer behavior. These findings provide practical insights for enhancing marketing strategies through improved product quality, service, and alignment with target consumers’ lifestyles, while also contributing to marketing theory and future research.

References

Rahmawati, R., Darrel, L. R., & Alexander, L. (2021). Pengaruh kepercayaan konsumen (place, people, process, dan physical evidence) terhadap keputusan pembelian Kedai Kopi Chok di Tigaraksa. Jurnal Manajemen, 4(2), 438–447. http://www.katabooks.katadata.co.id

Sakinah, A. B., & Saino, S. (2022). Pengaruh harga, physical evidence, gaya hidup, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian Mie Gacoan Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1591–1599. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1591-1599

Hendra, P. N., Sudrajat, A., & Tim Ekonomi dan Bisnis Universitas Siperbangsa. (2023). Analisis pengaruh gaya hidup dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen dengan cita rasa sebagai variabel moderating (Studi kasus Kopi Janji Jiwa Jalan Raya Wadas Cikampek). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 351–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.7077484

Harisya, E. (2022). Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian kopi (Studi kasus: Bumi Kayom Langit Senja Coffee Salatiga dengan variabel gaya hidup dan kepercayaan konsumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, 7(2), 441. https://doi.org/10.25157/jimag.v7i2.3485

Sumanto, I. M. (2022). Pengaruh gaya hidup, endorsement, brand image, dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli konsumen produk Mie Instan Lemonilo pada media sosial Instagram. Jurnal Manajemen, 6(1).

Asmawati, S. N. (2020). Pengaruh bauran pemasaran jasa (process, physical evidence, dan gaya hidup) terhadap keputusan pembelian: Survei pada konsumen Sultan Laundry. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 1859. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/462

Andre, N., & Fahimah, M. (2021). Pengaruh lifestyle, marketing influencer, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian skincare (Studi kasus mahasiswa UNPAD). JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), 5(1), 51. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i1.1984

Anton, A., & Mulyani, S. (2020). Pengaruh kepercayaan dan media sosial influencer terhadap loyalitas konsumen Kafe Tea Break Kota Bima. Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 53–54.

Aenudin, N. A., Sari, H. M. K., & Sukmono, R. A. (2021). Influence of people, price perception, and trust on purchasing decisions: Studi pada Mixue Prigen. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Mulyani, H. N., Ahmad, A., & Tim Manajemen Universitas Bitulang. (2022). Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap minat beli konsumen di The Java Kecamatan Bitulang, Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 351–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.7077484

Sumanto, P. M. (2021). Pengaruh efektivitas digital marketing terhadap keputusan pembelian skincare generasi Z di Kota Medan. Jurnal Manajemen, 5(3), 141–145. http://usuuniversity.com/index.php

Haryanto, R., S. L., & Arifudin, L. (2023). Pengaruh trust, produk, people, dan lifestyle terhadap keputusan pembelian Glad2Glow di Kota Bogor. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 775–117. http://www.jurnalakhirmahasiswa.co.id

Aespanwadi, & Norfida. (2021). Pengaruh produk dan media sosial influencer terhadap minat beli konsumen Glad2Glow di Tasikmalaya. Transformasi: Journal of Economics.

Hendrawan, K., Harga, D. A. N., & Fietroh, M. N. (2024). Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada Baby Shop Roberto Singkawang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4, 10–17.

Jumaidin, F. W. (2022). Sistem dalam pendekatan penelitian kuantitatif sebagai pemicu dalam meningkatkan efektivitas penelitian. Jurnal Ilmu Komputer.

Effendi, S., Ningrat, A., & Tim Ekonomi dan Bisnis Universitas Simalaya. (2022). Analisis pengaruh kepercayaan konsumen dan trust terhadap minat beli konsumen (Studi kasus pada Toko Amarta Bogor). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(17), 354–375.

Andreas, I. M. (2024). Pengaruh kepercayaan konsumen, endorsement, brand image, dan kepercayaan konsumen terhadap minat beli produk mie instan Sakura. Jurnal Manajemen, 6(1).

Mulyana, K. N. (2022). Pengaruh harga, rasa, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian: Survei pada konsumen Geprek Bensu cabang Ternate Kota Labiutan. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 1859. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/462

Andre, N., & Fahimah, M. (2021). Pengaruh people, marketing influencer, dan kepercayaan terhadap kepuasan konsumen wedding organizer di masa pandemi Covid-19. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), 5(1), 51. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i1.1984

Mulyadin, A., & Haris, S. (2022). Pengaruh gaya hidup dan media sosial influencer terhadap loyalitas konsumen Kafe Tea Break Kota Mataram. Jurnal Inovasi dan Tren, 1(2), 53–54.

Gunawan, H. T., Ahmad, A., & Tim Manajemen Universitas Bitulang. (2024). Pengaruh gaya hidup terhadap minat beli konsumen di The Java Kecamatan Bitulang, Kalimantan Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(17), 351–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.7077484

Istiqomah, N., & Hartati. (2022). Pengaruh harga dan kepercayaan influencer terhadap kepuasan pembelian di masa pandemi Covid-19. JPEKBM (Jurnal Pendidikan Ekonomi, Kewirausahaan, Bisnis dan Manajemen), 5(1), 51. https://doi.org/10.32682/jpekbm.v5i1.1984

Aenudin, N., & Ernawati. (2023). Pengaruh kepercayaan dan kualitas terhadap keputusan pembelian pada Foodbox Kota Bima. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(7), 1859. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/JIM/article/view/462

Published

22.08.2025

How to Cite

Afriani. A, H. ., Muhajirin, M., & Ovriyadin, O. (2025). Analisis Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Produk Glady 2 Glow. EBISMA : Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi , 2(01), 42-49. https://jurnal.devitara.or.id/index.php/bisnis/article/view/265