Analisis Perencanaan Laba Melalui Perhitungan Break Even Point (BEP) Dari karya Anak-anak Kel. Malasilen Kota Sorong Berupa Lukisan Dari Beras
Keywords:
Lukisan Dari Beras, Perencanaan Keuntungan, Titik Impas, Break Even PointAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pengertian, kegunaan, tujuan dan metode perhitungan analisis Break Even Point (BEP) baik dalam Satuan maupun Rupiah dalam penjualan Lukisan Dari Beras di Kota Sorong. Dengan mengetahui titik impas, kita dapat menentukan besaran pengeluaran dan pendapatan sesuai dengan target yang ingin kita capai. Lokasi penelitian ini terletak di Kecamatan Malasilen, Kota Sorong, Papua Barat Daya. Lokasi tersebut dipilih karena perannya sebagai pusat perdagangan. Penelitian ini menggunakan analisis statistik untuk mengolah data penjualan dan menghitung BEP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan BEP pada unit penjualan Lukisan dari Padi Kel. Kota Malasilen Sorong. Pada Juli 2024, titik impas sebesar 5,5 unit dengan tingkat penjualan Rp 464.788,73 dan selama Januari terjual 30 unit, pendapatan Rp 3.000.000, kemudian level laba Rp 4.200.000. kemudian perencanaan laba pada Agustus 2024, menunjukkan peningkatan kapasitas penjualan menjadi 40 unit dengan pendapatan kotor sebesar Rp 4.000.000, laba yang diperoleh sebesar Rp 5.730.000. Titik impas berada di 5,81 unit dengan penjualan Rp. 461.438,45 Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa perencanaan laba mengalami peningkatan pada bulan Agustus.
References
Andrianto, M. Y., Sudjana, N., & Azizah, D. F. (2016). Analisis Break Even Point (BEP) Sebagai Alat Perencanaan Laba. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 35(2), 30-38.
Anggriani, T. D., & Wagini, W. (2024). Satisfaction At The Heri Manna Photocopy Shop South Bengkulu District. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Bisnis Digital, 3(2), 167-176.
Asifa, A., Montoh, Z.G., Rahayaan, P., Brien, S., Sasior, I., Timoty, J., ... & Warella, SY (2024). Analysis of the Development of the Mas Tri Bakso Stall Business Using the Break Even Point (BEP) Approach. Manuhara Journal: Center for Management Science and Business Research , 2 (2), 305-317.
Pangemanan, J. T. (2016). Analisis perencanaan laba perusahaan dengan penerapan break even point pada PT. Kharisma Sentosa Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
MARYAM, TM, Pitri, T., & S IP, MM (2020). THE EFFECT OF SERVICE QUALITY AND SERVICE QUALITY ON PRODUCT DIFFERENTIATION (EMPIRICAL STUDY ON THE “RESTOE IBOE SUKABUMI” RESTAURANT): Marketing Management. Journal of Management Students , 1 (2), 21-45.
Maruta, H. (2018). Analisis Break Even Point (BEP) sebagai dasar perencanaan laba bagi manajemen. JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 2(1), 9-28.
Paujiah, AN, & Isyanto, P. (2024). Break Even Point Analysis as a Profit Planning Tool at Konveksi Zein Store. LANCAH: Jurnal Inovasi dan Tren , 2 (2b), 694-701.
Putri, NDPD, Novitasari, D., Yuwono, T., & Asbari, M. (2021). The Influence of Product Quality and Service Quality on Customer Satisfaction. Journal Of Communication Education , 15 (1).
Yuningsih, RS, & Fithri, EJ (2024). Break Even Point Analysis as a Short-Term Profit Planning Tool at CV Wana Jaya Lestari Palembang. Journal of Economics and Accounting Publication , 4 (1), 1-12.