Comparative Analysis Of Religious Aspects In Children Aged 5 To 6 Years

Authors

  • Masganti Siti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author
  • Aprilia Wilujeng Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Author

Keywords:

Religion, Comparative Analysis, Early age, Religious Morality

Abstract

The development of religious values is the ability of children to behave and behave. Religious development in children aged 5 to 6 years is a complex process and is influenced by various factors. Parents and educators have an important role in helping children to understand and practice their religious teachings. Islam has taught positive values that are useful in community life. The results of the analysis show that in Islamic teachings it has been explained how the process of developing religious values in early childhood can be applied correctly. The results of the analysis through discussion found 10 important methods for the development of religious values in children aged 5 to 6 years, including: storytelling, singing, poetry, tourism works, habituation, playing, outbound, role playing, discussion, and example. The findings have been discussed with various concepts and previous findings.

References

Hidayat, Otib Satibi, Metode Pengembangan Moral Dan Nilai-Nilai Agama, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2015.

Marintan, D., & Priyanti, N. Y. (2022). Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Keterampilan Sikap Toleransi Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5331-5341.

Idrus, P. Q. A., Musi, M. A., & Bachtiar, M. Y. (2022). Pengaruh Menghafal Al-Qur’an Metode One Day One Ayat Terhadap Peningkatan Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Malimpung Patampanua Pinrang. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 082-090.

Rahmatunnisa, S., Sari, D. A., & Nurhayati, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Shalat Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Film Animasi Dodo Syamil. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 77-96.

Apriliani, A. M., Yasbiati, Y., & Elan, E. (2020). Meningkatkan keterampilan gerak lokomotor anak usia 5-6 tahun di kelas b hijau melalui permainan engklek rintangan di tk negeri pembina kota tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 3(2), 178-190.

Nurfazrina, S. A., Muslihin, H. Y., & Sumardi, S. (2020). Analisis kemampuan empati anak usia 5-6 tahun (literature review). Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 285-299.

YENI, M. (2023). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI RA PERWANIDA II BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Salamah, S., Hidayat, R., & Herniawati, A. (2024). ANALISIS PEMBELAJARAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (HOTS) ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Intisabi, 1(2), 50-61.

Riwayati Zein, Z., & Vivi Puspita, P. (2021). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199-1208.

Fauziah, R. R., Kusumawardani, R., & Maryani, K. (2018). Perbedaan kemandirian anak ditinjau dari subyek pengasuhan orangtua dan kakek-nenek pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 71-80.

Anggraeni, A.D.(2017). Kompetensi kepribadian guru membentuk kemandirian Anak usia Dini (studi kasus PTK mutiara Tapos Depok).AWLADY:jurnal pendidikan:3(2).28.

Atika , R.S &Wirman .A (2019). Pengelolaan kegiatan agama di taman kanak-kanak Telkom schools Padang.indonesian jurnal of islamic early childhood education ,4(2),109-116.

Ariyani , R, Sutrisno ,S& Zar’rin F.(2021). Manajemen pembelajaran kelas di taman kanak-kanak Al Mujahidin Sekadau hulu. Edukasi jurnal ilmiah pendidikan anak usia dini. 9(1).

Bintari ,R.H &khotimah ,N (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini di masa pandemi Kumara cendekia9(1).

Dachofany ,L,& Hasanah,U (2018), pendidikan anak usia dini menurut konsep Islam Jakarta:burani aksara.

Feblyana ,T.&Wirman ,A.2020 penggunaan reward untuk meningkatkan pembiasaan disiplin anak di taman jurnal pendidikan tambusa4(2),1132-1141.

Jannah ,N,&Wirman A.2020 mengajarkan salat pada anak usia dini dalam masa sosial distancing 16 perspektif hadits.AL QUDS:Jurnal studi Alquran dan hadits 4(2),427.

Kartiko, A & Kurniawan,E(2018). Metode bercerita dengan teknik Rully playing untuk menumbuhkan akhlak mulia.Nazhruna: jurnal pendidikan Islam 1(2),201-222.

Lestari Ningrum, A(2014). Pengaruhn penggunaan media VCD terhadap nilai-nilai agama anak usia dini.JPUD:jurnal pendidikan usia dini, 8(2),195-206 https://doi.org/https://10.21009/JPUD.082

https://www.researchgate.net/profile/Syafrimen-Syafril/publication/329525272_Pengembangan_Nilai-Nilai_Moral_dan_Agama_Anak_Usia_Dini/links/5c0dbf9a299bf139c74d539a/Pengembangan-Nilai-Nilai-Moral-dan-Agama-Anak-Usia-Dini.pdf

https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/download/16995/16415

Downloads

Published

2024-03-10

How to Cite

Comparative Analysis Of Religious Aspects In Children Aged 5 To 6 Years. (2024). Literacy: Journal of Education and Social Science, 1(01), 30-34. https://jurnal.devitara.or.id/index.php/pendidikan/article/view/10